Budaya Hidup Sehat adalah Aset Masa Depan

Berbicara mengenai kesehatan, kita tidak terlepas dari apa yang kita lakukan sehari-hari. Ya, perilaku sehari-hari akan sangat menentukan derajat kesehatan kita. Dalam ilmu kesehatan masyarakat, ilmu yang mempelajari perilaku kesehatan dikenal dengan nama Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku.

Perilaku itu sendiri menempati posisi kedua yang mempengaruhi derajat kesehatan manusia sebagaimana yang disebutkan oleh HL. Blum, yaitu: Lingkungan, Perilaku, pelayanan kesehatan dan genetik.

Karena pentingnya perilaku kesehatan, banyak upaya yang dilakukan untuk merubah perilaku manusia, dari perilaku yang tidak sehat menjadi perilaku sehat. Salah satu program yang berbasis perilaku adalah Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Masih banyak lagi program lainnya yang tidak kami sebutkan satu persatu.

Budaya Hidup Sehat Berawal dari Perilaku Sehari-hari


Kita pasti berharap agar kesehatan itu sendiri menjadi budaya bagi setiap orang, kelompok dan masyarakat secara keseluruhan. Namun untuk mendapatkan hal tersebut dibutuhkan kerja keras bagi semua orang, baik petugas kesehatan, lintas sektor maupun masyarakat sebagai sasaran program.

Namun demikian, kita tidak serta merta berharap hanya menanti program lalu melaksanakan upaya kesehatan. Perilaku kesehatan sebenarnya dapat dipelajari melalui banyak media. Tindakan kita yang akan menentukan pada akhirnya. Berawal dari individu, kelompok dan akhirnya akan menyebar ke seluruh masyarakat sehingga menjadi budaya dalam masyarakat itu sendiri.

Misalnya, cuci tangan sebelum makan. Kita pasti tahu bahwa hal tersebut adalah hal baik, maka laksanakanlah, tularkan pada keluarga kita. Jika hal ini dilaksanakan oleh banyak keluarga maka akan menjadi budaya cuci tangan sebelum makan. Demikian pula dengan hal-hal lain yang kelihatannya sepele namun akan sangat berdampak terhadap kesehatan kita.

Budya Hidup Sehat
Budya Hidup Sehat

Mengapa Perlu Membudayakan Hidup Sehat?


Saat perilaku hidup bersih dan sehat menjadi suatu budaya di masyarakat, maka tanpa kita sadari akan menghidarkan kita dari berbagai macam penyakit. Baik penyakit menular maupun penyakit yang tidak menular.

Kita ketahui bersama bahwa banyak penyakit yang didapatkan melalui suatu kelompok masyarakat yang tidak melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku tidak sehat yang dilakukan oleh seseorang dapat menyebabkan penyakit bagi orang lainnya. Contohnya BAB disembarang tempat akan berdampak pada orang lain disekitar lingkungan tersebut.

Perilaku tidak sehat seorang anggota keluarga akan dapat berdampak pada anggota kelurga lainnya, contohnya: mer0k0k didalam ruangan dapat menyumbangkan penyakit bagi anggota keluarga lainnya.

Dan, yang pastinya membudayakan hidup sehat akan sangat bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri. Banyak orang kaya yang rela mengeluarkan uangnya hanya untuk mendapatkan kesehatan. Tidak jarang ditemukan orang yang rela menjual harta bendanya hanya demi menyembuhkan penyakit yang dideritanya.

Kita tahu itu, kita pernah mendengar itu, mengapa kita tidak berupaya sehat dari sekarang? Ada yang mengatakan, saat muda kita menjual sehat demi mendapatkan uang namun ketika tua kita akan menjual uang untuk mendapatkan sehat.

Baca Juga: Menerapkan Pola Makan Sehat untuk Hidup Berkualitas.

Mengapa tidak kita menabung kesehatan kita saat ini untuk masa depan. Membudayakan perilaku sehat sedini mungkin agar memperoleh kehidupan yang sehat dan berkualitas. Sehat dihari tua, sehingga kita pun dapat mati dalam keadaan tenang karena telah berbuat secara maksimal diselurh kehidupan kita tanpa hanya terbebani oleh penyakit yang membuat kita tidak berdaya dan menjadi beban bagi orang lain.

Sekian dari kami, semoga dapat bermanfaat. Salam Sehat dari Mitra Kesehatan Masyarakat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.