Pertolongan Pertama pada Luka Bakar

Luka bakar merupakan suatu kelainan akibat trauma terkena api, air panas atau air keras, apapun yang menyebabkan kulit rusak. Berat atau ringannya luka bakar tergantung pada luas jaringan tubuh yang terkena dan kedalaman luka tersebut.

Pertolongan Pertama Menghadapi Luka Bakar Ringan


Jangan lupa untuk melepaskan semua perhiasan dan pakaian yang menutupi daerah kulit yang terbakar, karena daerah tersebut dapat terjadi pembengkakan dan pakaian dapat menempel hingga mengakibatkan kerusakan yang lebih berat.

Jika luka bakar itu terasa sangat sakit, mungkin itu hanya mengenai permukaan kulit saja. Anda harus segera mengurangi rasa sakit itu dengan mendinginkan dengan air selama 10 menit atau lebih jika rasa sakit itu masih ada.

Berikan betadine 0,5% (antiseptik lokal) lalu tutupi luka bakar itu dengan kain steril. Setelah pertolongan pertama diberikan, bawalah korban segera ke puskesmas.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar
Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar. Foto: pxhere.com

Baca juga tentang: Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Pertolongan Pertama Menghadapi Luka Bakar Berat


Pada prinsipnya, harus diperhatikan tentang gangguan saluran pernafasan dan cara bernafas si korban apakah ada gangguan serta kenali tanda-tanda syok yang terdiri dari: nadi melemah, bibir serta ujung jari tangan dan kaki pucat kebiruan.

Apabila luka bakar terjadi pada sebagian besar tubuh korban seperti, tangan, paha atau dada, maka dapat menimbulkan syok dan harus segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Baringkan si korban, lebih baik diatas karpet atau alas kain untuk mencegah bagian kulit yang terbakar menyentuh lantai.

Jika memungkinkan, lepaskan cincin, jam tangan atau baju ketat sebelum luka bakar itu membengkak. Untuk luka bakar berat jangan coba untuk melepaskan apapun yang melekat pada luka yang terbakar. Hubungi puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Jangan lupa untuk menutupi kulit terbakar tersebut dengan kain yang bersih dan tidak berbulu. Pasang kain tersebut dengan baik.

Sementara untuk luka bakar di wajah, buatlah topeng dengan menggunakan sarung bantal yang bersih dengan membuat lubang untuk bagian hidung, mulut dan mata.

Setelah pertolongan pertama diberikan, bawalah korban segera ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Demikianlah informasi tentang pertolongan pertama pada luka bakar, semoga dapat bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.