8 Tips mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah

Tips Mengatasi Bibir Kering Pecah-pecah - Cuaca yang terik seperti saat ini, ditambah dengan kurang minum serta konsumsi makanan yang berminyak, panas dan pedas juga mempengaruhi kondisi badan Anda. Sehingga salah satu resikon yang dapat muncul yaitu bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, bagi kalian yang sedang mencari solusinya dapat di simak langsung informasi sederhana berikut ini.

8 Tips Mengatasi Bibir Kering Pecah-pecah


Bibir adalah salah satu bagian wajah yang sering jadi sorotan. Mempunyai bibir yang sehat dan indah bisa menambah rasa percaya diri, terlebih ketika bersosialisasi. Karena bibir kering dan pecah-pecah memang sangat menyiksa sekaligus mengganggu aktifitas.

Oke untuk lebih jelasnya bagaimana tips mengatasi keluhan tersebut, disimak langsung saja!!!
  1. Mencukupi Nutrisi – kurangnya nutrisi adalah salah satu faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah karena kurangnya asupan akan vitamin B, lemak essensial serta zat besi. Cara efektif mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen vitamin yang terdapat kandungan tersebut. untuk lebih jelas dapat di konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.
  2. Menghilangkan Kebiasaan (Menjilat dan Menggigit Bibir) – mungkin hal tersebut sering anda lakukan dengan alasan untuk membasahi bibir  dengan air liur. Akan tetapi ternyata hal ini sangatlah tidak benar, karena air liur / soalnya dapat menguap lebih cepat sehingga hal ini bisa membuat bibir lebih kering. Bahkan bisa memperburuk keadaan menjadi pecah-pecah. Hindari juga kebiasaan menggigit bibir karena hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada lapisan pelindung bibir, sehingga mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah.
  3. Mencukupi Kebutuhan Cairan - tubuh yang kekurangan cairan atau lebih sering disebut dengan dehidrasi. Salah satu akibat dari dehidrasi yaitu bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Nah oleh sebab itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan akan cairan perhari atau setara dengan 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari.
  4. Mengkonsumsi Buah & Sayur – buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang sangat di butuhkan oleh tubuh sebagai nutrisi. Salah satunya untuk melembabkan bibir agar terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah. jangan lupa untuk selalu menyertakan sayur dan buah dalam daftar menu harian anda. Selain itu juga mengkonsumsi sayur hijau, biji-bijian, tomat serta wortel berfungsi untuk mengembalikan atau memulihkan kulit yang rusak yang disebabkan keluhan tersebut.
  5. Menggunakan Madu – mengoleskan madu pada bibir kering serta pecah-pecah merupakan cara alami yang bisa memberikan kelembapan natural. Kandungan anti bakteri pada madu juga bisa membunuh kuman serta bakeri yang mengakibatkan masalah pada bibir. Tak hanya bisa mengatasi masalah bibir tersebut, madu juga bisa membuat memerahkan bibir secara alami. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan madu 3 kali dalam sehari.
  6. Jeli Memilih Lipsitik – pastikan anda teliti dalam memilih produk lipstis terlebih jika mempunyai bibir yang sensitif. Karena pemilihan yang salah dapat mengakibatkan kerusakan pada bibir. Pastikan anda memilih jenis lipstik yang terdapat dan cocok dengan jenis bibir anda.
  7. Gunakan Lip Balm – saat cuaca terik seperti sekarang menggunakan lip balm merupakan salah satu alternatif untuk menghindari masalah bibir kering dan pecah-pecah. tidak hanya mencegah lip balm juga mampu mengatasi keluhan bibir pecah dan kering. Jadi jangan lupa untuk selalu mengoleskan lipbalm ketika hendak keluar rumah.
  8. Menghindari Bernafas dengan Mulut – nah, jika anda memiliki kebiasaan bernafas lewat mulut sebaiknya kebiasa buruk ini harus anda hindari. Karena kebiasaan tersebut dapat dapat mengakibatkan bibir menjadi kering pecah-pecah bahkan sampai mengakibatkan celah pada bibir. Oleh karena itu, biasakan bernafas melalui hidung karena lebih baik dan lebih sehat.


Demikianlah artikel sederhana informasi kesehatan yang membahas cara mengatasi bibir kering dan pecah. memiliki bibir yang indah, mulus serta merona merupakan keinginan setiap orang maka dari itu sebaiknya hindari kebiasaan buruk tersebut yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada bibir. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jangan lupa bantu share juga ya agar lebih bermanfaat lagi buat teman-teman semua...!!!!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.