6 Jenis Jerawat Beserta Penyebab Dan Cara menghilangkan Jerawat

Jenis jeawat : jerawat merupakan penyakit yang banyak penderitanya, mungkin semua orang di dunia semasa hidupnya pernah merasakan jerawat.

Banyak orang beranggapan salah tentang jerawat, mereka beranggapan jerawat hanya muncul pada wajah berupa benjolan kecil pada wajah.

Padahal jerawat dapat muncul di bagian tubuh yang lain seperti dada, punggung dan kulit kepala. Biarpun bentuk jerawat terlihat sangat mirip ternyata jerawat memiliki jenis-jenis yang berbeda dan beraneka macam.

Bentuk jerawat memang kecil tetapi bagi sebagian orang punya jerawat sangat mengganggu terutama jika jerawat muncul pada wajah. Karena dapat mengurangi kecantikan dan jerawat juga dapat mengurangi kepercayaan diri.

Berikut ini kami akan membahas tentang jerawat, supaya dapat menambah pengetahuan anda tentang penyakit ini sehingga anda dapat mengetahui cara menghilangkan jerawat dengan benar dan menggunakan cara yang tepat dan efektif.

Jenis-jenis jerawat

· Jerawat biasa
Jerawat biasa merupakan jerawat yang hampir sebagian besar orang pernah mengalaminya. Jerawat ini sangat mudah di kenali karena bentuknya yang kecil dan berwarna putih kemerahan. Penyebab jerawat ini muncul karena tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi bakteri propionibacterium acne. Bakteri ini hidup pada daerah diproduksinya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous dan sebaceous merupakan kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit. Bakteri ini harus di waspadai dikarenakan dapat menimbulkan iritasi pada bagian wajah.

· Jerawat batu
Jerawat batu mempunyai ukuran yang lebih besar dari jerawat biasa. Jerawat batu juga berwarna lebih merah dan meradang. Jika tidak di tangani segera, jerawat batu akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Munculnya jerawat batu di sebabkan oleh kelenjar minyak yang terlalu banyak serta pertumbuhan sel tidak normal. Jerawat batu digolongkan sebagai jerawat yang parah.

· Komedo
komedo pada umumnya di bagi menjadi dua yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Komedo terbuka berbentuk seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, sedangkan komedo tertutup berbentuk seperti tonjolan kecil berwarna putih. Komedo sendiri disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebih.

· Jerawat juvenil
Jerawat juvenil di sebabkan oleh masalah hormonal yang belum stabil memproduksi sebum. Jerawat ini timbul ketika masa puber pada saat berumur 14-20 tahun. Jerawat ini harus di tangani dengan cara yang alami dan jangan menggunakan cara yang berbahaya. Karena jerawat tipe juvenil merupakan perkembangan dari hormon.

· Jerawat Rosacea
Pada umumnya jerawat ini muncul pada wanita berumur 30-50 tahun. pada awalnya, jerawat ini akan terlihat kemerahan yang bisa menimbulkan peradangan sehingga dapat menimbulkan sisik pada lipatan hidung.

· Jerawat Nitrosica
Jerawat ini merupakan jenis jerawat yang harus di waspadai karena jerawat ini jika di biarkan tanpa penanganan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah.

Dengan demikian terjawab sudah bahwa jerawat bukan hanya ada satu jenis, melainkan ada beberapa jenis. Kemudian kita dapat melihat jerawat apa yang ada pada kita dan kita dapat menentukan cara mengobati jerawat itu. Sebenarnya jerawat bukan sesuatu yang menakutkan jika kita mengetahui penanganannya.

Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

jerawat yang ada pada wajah, banyak hal yang menjadi penyebabnya. Mulai dari faktor luar tubuh, dari dalam tubuh ataupun gaya hidup tidak sehat. Oleh karena itu jika ingin jerawat tidak muncul di wajah, maka anda harus tahu penyebab munculnya jerawat di wajah. Penyebabnya di antaranya:

· Kosmetik
Pada umumnya kosmetik menjadi penyebab jerawat di wajah wanita. Karena wanita selalu menggunakan kosmetik dalam kesehariannya. Kosmetik bisa jadi penyebabnya di karenakan penggunaannya yang berlebihan, tidak cocok dengan bahan pembuatannya, ataupun kosmetik masuk kedalam pori-pori kulit sehingga tidak dapat terangkat dengan baik saat di bersihkan.

· Makanan
Biasanya makanan yang dapat menjadi penyebab jerawat adalah makanan yang kurang sehat seperti makanan instan, gorengan yang terlalu banyak di konsumsi juga dapat menyebabkan jerawat.

· Kebersihan kulit
Kurangnya kebersihan kulit wajah juga dapat menyebabkan jerawat di wajah, biasanya hal ini sering dialami oleh pria yang tidak terlalu memperdulikan penampilan. Pria seperti ini biasanya setelah beraktifitas diluar ruangan, tidak langsung membersihkan wajahnya dari debu dan kotoran yang menempel, sehingga dapat menjadi jerawat. Hal ini juga dapat terjadi pada wanita yaitu ketika akan beristirahat tidur tidak membersihkan kosmetik yang menempel di wajahnya terlebih dahulu.

· Kekurangan nutrisi
Penyebab jerawat berikutnya adalah kurangnya nutrisi pada kulit wajah. karena kulit wajah juga penting mendapatkan kecukupan nutrisi. Nutrisi untuk kulit wajah bisa didapat dari buah,sayuran hijau dan air putih. Kekurangan nutrisi pada kulit bukan hanya dapat menyebabkan jerawat, tetapi kulit juga bisa menjadi kusam dan kering. Oleh karena itu cukupilah asupan nutrisi untuk kulit.

· Hormon
Hormon juga dapat menyebabkan jerawat pada wajah, pada umumnya hormon yang sedang mengalami perubahan menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang, hal tersebut akibat dari haid atau stress. Masalah hormon biasanya di alami para remaja karena hormon para remaja baru di produksi dengan baik dan belum setabil.

· Gaya hidup
Penyebab jerawat berikutnya adalah gaya hidup yang kurang sehat. Gaya hidup kurang sehat contohnya menjadi perokok aktif dan mengkonsumsi minum beralkohol.

· Jenis kulit
Jenis kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sering mengalami timbul jerawat di wajah. karena kulit jenis ini memproduksi minyak secara berlebih sehingga akan lebih mudah menjadi kotor. Jika memiliki jenis kulit ini dan malas untuk membersihkannya akan mengakibatkan tumbuhnya jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di wajah

Setelah mengetahui jenis-jenis jerawat dan penyebabnya kemudian yang harus kita tahu adalah cara menghilangkan jerawat tersebut, ini dia caranya?

Saat ini sebenarnya sudah banyak cara pengobatan yang di tawarkan untuk mengobati jerawat, Tetapi biayanya cukup mahal. Di sini kami akan memberi tahu anda cara mengobati jerawat secara alami dan biayanya cukup murah. Tetapi cepat atau lambatnya suatu pengobatan tergantung kecocokan antara wajah dan reaksi terhadap bahan alami. Caranya di antara lain menggunakan?

· Jeruk nipis
Kenapa jeruk nipis dapat mencegah munculnya jerawat,karena jeruk nipis dapat menurunkan kadar minyak di kulit wajah sehingga kulit wajah akan lebih cerah dan tidak berjerawat. Selain di gunakan untuk mencegah jerawat jeruk nipis juga berfungsi untuk mengobati radang tenggorokan dan untuk mencuci tangan.

Cara mengolah jeruk nipis, pertama persiapkan jeruk nipis,kemudian potong,setelah dipotong kemudian di peras. Dari hasil perasan tersebut oleskan pada wajah, hal ini berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah kemudian biarkan meresap selama 30 menit. Jika anda hanya menggunakannya untuk menghilangkan jerawat anda dapat menggunakannya pada bagian yang berjerawat saja.

· Tomat
Tomat juga dapat di gunakan sebagai bahan menghilangkan jerawat. Selain dari itu tomat juga dapat di konsumsi dan membuat kulit wajah lebih kencang
Cara penggunannya, potong tomat secukupnya kemudian tempel tomat pada bagian wajah yang ada jerawatnya setelah itu tunggu hingga 15 menit dengan tetap mengusap-usapkannya pada wajah yang berjerawat.

· Menggunakan masker pepaya
Menggunakan masker pepaya merupakan salah satu cara untuk menghilangkan jerawat. Selain menghilangkan jerawat masker pepaya juga dapat menghilangkan flek hitam pada kulit.
Cara membuatnya, haluskan pepaya yang telah di persiapkan, kemudian gunakan pepaya yang di haluskan menjadi masker kulit wajah, biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuh wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Jika menggunakan cara ini di rasa cocok anda dapat mengulangi secara teratur.

Baca juga : merawat kulit wajah kusam pada pria.

· Menggunakan lemon
Lemon adalah salah satu jeruk yang dapat menghilangkan jerawat. Buah lemon ini sangat bagus untuk membantu jerawat supaya cepat kering. Hal ini di karenakan lemon mempunyai banyak vitamin C. Pilihlah lemon yang segar dan jangan menggunakan lemon yang di bungkus kaleng karena lemon yang di bungkus kaleng memiliki zat tambahan. Cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan sari lemon di bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan kain lembut, lakukan hal ini sebelum tidur. Buah lemon juga dapat di tambah dengan bahan yang lain yaitu kayu manis.

· Menggunakan Es Batu
Dengan menggunakan es batu juga dapat menghilangkan jerawat dengan cepat karena es batu berfungsi untuk mengurangi peradangan pada jerawat, sehingga bengkak tidak timbul menjadi bengkak yang lebih besar. Cara menggunakannya bungkus es batu dengan kain kemudian tempelkan pada bagian jerawat tersebut.

· Menggunakan madu
Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh madu juga bermanfaat bagi kulit wajah. terutama manfaat madu untuk menghilangkan jerawat khususnya jerawat batu. Cara menggunakannya pertama-tama persiapkan madu dan juga putih telur, kemudian campur kedua bahan tersebut hingga menjadi satu dengan takaran satu sendok madu menggunakan setengah butir telur.
Demikian informasi kesehatan dari kami tentang Jenis Jerawat Beserta Penyebab Dan Cara Menghilangkan Jerawat, Semoga dengan artikel tersebut dapat membantu anda untuk menghilangkan jerawat anda.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.