9 cara merawat rambut dengan bahan alami

Rambut merupakan mahkota bagi kita semua, maka dari itu kita wajib merawat dan menjaganya.

Merawat rambut sangat penting dilakukan karena rambut menjadi tempat yang paling gampang terkena kotoran dan yang lainnya.

Mempunyai rambut yang indah, bersih dan berkilau merupakan dambaan bagi kita semua. Maka dari itu rawatlah rambut sebaik mungkin dengan bahan alami yang tidak berisiko terhadap rambut itu sendiri.

Berikut ini kami akan memberikan cara merawat rambut dengan bahan alami.

Cara merawat rambut dengan bahan alami


· Cuka apel 

Cuka apel berasal dari pemanfaatan buah apel, yang pada umumnya digunakan untuk tambahan rasa alami pada masakan. Selain itu cuka apel juga bermanfaat untuk perawatan rambut.

Cuka apel mengandung alpha hydroxy asam yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang mengganggu pertumbuhan rambut dan menyumbat folikel rambut.

Tetapi jangan menggunakan cuka apel secara berlebihan karena akan membuat rambut anda menjadi kering. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur cuka apel dengan air hangat, kemudian oleskan ke rambut anda.

Setelah itu bilas dengan air yang mengalir selama lima menit untuk menghilangkan bau sari apel dari rambut anda.

· Baking soda 

Baking soda mempunyai banyak manfaat,salah satunya bermanfaat untuk rambut anda. Manfaat baking soda untuk rambut anda diantaranya menghilangkan ketombe, membuat rambut berkilau, membersihkan rambut dan kulit kepala.

Cara menggunakannya, pertama-tama buat campuran dari tiga sendok makan baking soda dan air.gunakan ramuan ini setelah anda keramas, kemudian tunggu hingga lima menit setelah itu bilas dengan air bersih.

· Labu botol

Labu botol juga dapat anda manfaatkan untuk merawat rambut. Caranya dengan membuat jus dari labu botol kemudian oleskan ke rambut anda. Tunggu hingga setengah jam,kemudian bilas dengan air bersih.

· Minyak zaitun

Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang sering di gunakan untuk memasak. Tetapi selain untuk memasak minyak zaitun juga dapat di gunakan untuk merawat rambut.

Manfaatnya banyak sekali diantaranya mengatasi rambut rontok, untuk rambut beruban, mengatasi rambut bercabang, mengatasi rambut kering dan masih banyak lagi.

Kemudian cara menggunakannya sangat mudah yaitu pertama siapkan minyak zaitun, kemudian gosok rambut dengan tangan yang sudah di beri minyak zaitun biarkan selama dua jam. Setelah itu keramas dan bilas dengan air bersih.

· Amla atau Malaka

Amla atau Malaka adalah sejenis tanaman yang digunakan sebagai obat. Pohon amla mirip dengan pohon cerme.

Cara menggunakan buah amla untuk perawatan rambut yaitu, persiapkan setengah cangkir bubuk amla, kemudian tambahkan dua sendok makan minyak jarak dan satu butir telur setelah itu campur semua bahan tersebut hingga merata.

Setelah tercampur semua oleskan pada rambut dan kulit kepala anda, tunggu selama tiga puluh menit. Kemudian keramas dengan sampo dan bilas dengan air bersih.

· Telur 

Telur juga dapat kita gunakan sebagai bahan untuk merawat rambut, Cara menggunakannya yaitu siapkan dua butir kuning telur dan jeruk nipis, kemudian campur kedua bahan tersebut hingga rata. 

Gosok bahan tersebut ke rambut sampai ke kulit kepala anda. Diamkan selama dua puluh menit kemudian bilas rambut anda dengan air hingga benar-benar bersih.

· Minyak Almond

Minyak Almond dapat digunakan untuk merawat rambut kering dan rusak. Cara mengolahnya, panaskan sedikit minyak almon selama empat puluh detik.

Kemudian oleskan secara merata pada rambut anda, diamkan selama tiga puluh menit kemudian bilas dengan sampo dan bersihkan dengan air dingin.

· Jus lemon

Jus Lemon juga dapat anda gunakan untuk merawat rambut, caranya setelah anda keramas oleskan jus lemon secukupnya pada rambut kemudian keringkan dengan handuk.

Sebenarnya tidak perlu membilasnya dengan air tetapi jika anda merasa kurang nyaman anda juga bisa membilasnya dengan air bersih

· Daun Neem

Daun Neem merupakan tumbuhan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat daun neem untuk rambut yaitu dapat mengatasi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut, mengatasi gatal pada kulit kepala dan mengatasi inveksi kulit kepala.

Demikian artikel kami cara merawat rambut dengan alami semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk anda.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.