waspada kanker pada anak

Kanker adalah salah satu penyakit yang di takuti semua orang. Anda harus tahu, kanker  tidak hanya berisiko kepada orang dewasa saja tetapi bisa berisiko pada buah hati anda.

Beberapa study telah menemukan bahwa anak-anak rentan dan berisiko terhadap kanker.

Di lansir dari laman cancer.gov, bahwa saat ini semakin banyak jumlah penderita kanker yang masih berusia masih anak-anak.

Pada umumnya ada 5 jenis  kanker yang sering di jumpai pada anak-anak. Tetapi sangat di sayangkan orang tua sering mengabaikan nya, orang tua hanya menganggapnya sebagai penyakit biasa saja.

Supaya anda tidak mengabaikan kanker tersebut kami akan mengulas, Apa saja kanker tersebut?, bagaimana gejala dan apa penyebabnya?

Waspada Kanker Pada Anak
stop kanker

Jenis Kanker Pada Anak

Dari berbagai kasus dan data penelitian, menyebutkan bahwa anak-anak lebih rentan terhadap kanker, apa saja jenis kanker tersebut?

·        Kanker Darah (leukemia)
Kanker darah atau leukimaia adalah kanker yang menyerang sel-sel  yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang.
Lebih jelasnya baca artikel kami tentang kanker darah (leukemia).
 
leukemia

·        Limfoma
Kanker limfoma adalah jenis kanker yang menyerang limfosit, yaitu sel darah putih yang membentuk system kekebalan tubuh seseorang.
Lebih jelasnya baca artikel tentang kanker limfoma
 
limforma

·         Kanker Mata (Retinoblastoma)
Kanker mata adalah kanker yang terjadi pada daerah di belakang mata yang peka terhadap cahaya (pada rentina). Kami juga telah mengulas pada artikel sebelumnya tentang beberapa gejala, penyebab dan mencegah kanker mata.
kanker mata


·         Kanker Tulang (Osteosarcoma)
Osteosarkoma adalah jenis kanker yang menyerang  tulang-tulang berukuran besar pada bagian yang memiliki tingkat pertumbuhan tercepat. Lebih jelasnya baca artikel tentang osteosarcoma
 
kanker tulang

·         Kanker Saraf (Neuroblastoma)
Neuroblastoma adalah kanker  pada system saraf yang kerap terjadi pada anak-anak.


Ketika kanker pada anak dapat di deteksi sejak dini,kemungkinan besar penyakit ini dapat di sembuhkan menurut penelitian dan pusat kesehatan.

Biarpun penderita kanker  tidak bisa di sembuhkan 100%,setidaknya ketika kanker dapat di deteksi sejak dini maka si penderita bisa bertahan hidup lebih lama.

Di butuhkan dukungan orang sekitar agar penderita kanker dapat pulih dengan baik, karena dengan adanya dukungan tersebut  membuat si penderita lebih kuat dalam menghadapi kanker yang di derita.

Gejala-Gejala Kanker Pada Anak

Orangtua bisa mengenali benjolan pada mata, leher, paru, perut, alat kelamin, otak, tangan, dan kaki sebagai tanda awal kanker pada anak. Selain benjolan, ada gejala gejala yang lain, berikut penjelasannya:

·         Gejala Pada Mata
Anda harus curiga jika mata anak  terlihat seperti mata kucing, merah, juling dan terjadi gangguan penglihatan.

Mungkin anda akan memberi obat tetes mata jika mata anak kemerahan, tetapi jika dalam waktu 3 hari mata anak tidak kunjung sembuh, anda harus segera membawanya ke pusat pengobatan seperti puskesmas atau rumah sakit. Karena bisa saja itu gejala awal dari kanker mata.

·         Gejala Pada Leher
Anda harus waspada jika menemukan benjolan pada leher anak yang dalam waktu singkat cepat membesar.selain kanker benjolan pada leher juga bisa di sebabkan infeksi pada gigi dan telinga

·         Gejala Pada Alat Kelamin
Benjolan akibat kanker pada alat kelamin lebih mudah dikenali pada anak laki-laki. Secara fisik anda bisa melihat tanda ini meliputi testis kanan dan kiri yang berbeda, organ yang terkena kanker menjadi lebih keras, dan tidak ada tanda infeksi.

Kanker pada alat kelamin biasanya juga merupakan hasil sebaran kanker yang lain, misalnya kanker darah (leukemia)

·         Gejala Pada Otak
Anda memang tidak bisa mengenali atau melihat benjolan pada otak anak. Tetapi anda tetap bisa mewaspadai gejala ini dengan melihat dampak yang timbul.

Dampak tersebut meliputi pusing, muntah yang menyemprot, lumpuh, dan gangguan keseimbangan.

·         Gejala Pada Tangan Dan Kaki
Benjolan pada tangan dan kaki biasanya mudah terlihat. anda harus waspada bila benjolan dibarengi demam atau nyeri.

Untuk memastikan bagaimana kondisi kesehatan anak yang sebenarnya, anda perlu mengajak anak untuk periksa ke rumah sakit atau dokter terdekat.

Ketika penyakit anak bisa dideteksi sejak dini, Pengobatan terbaik bisa dilakukan sejak dini dan anak pun akan pulih dengan baik.

Penyebab Kanker Pada Anak

·       Gen yang di wariskan dari orang,penyebab tersebut di percaya sebagai salah satu penyebab kanker pada anak,meski demikian, gen tidak selalu penyebab utama kanker pada anak.

·       Pola hidup yang tidak sehat, penggunaan bahan makanan dan keperluan sehari-hari yang mengandung pestisida serta zat kimia yang lain

·        Lebih jauh, adanya radiasi dari bahan kimia

Anda sebagai orang tua di haruskan  mengajarkan kepada anak-anak anda  untuk tidak merokok, makan dengan pola gizi seimbang, dan mengikuti program imunisasi yang berlaku di negara masing-masing.

Tujuannya agar anak-anak saat menginjak usia dewasa dapat terhindar dari kanker paru, kanker usus besar, kanker hati, kanker leher Rahim, dan jenis kanker  lainnya yang hanya dapat terjadi pada usia dewasa.

Banyak orangtua mempersalahkan dirinya karena anaknya terkena kanker. mereka beranggapan bahwa merekalah  penyebab dari semua permasalahan yang terjadi pada buah hatinya.

Semoga dengan artikel di atas tentang waspada kanker pada anak para orangtua sadar bahwa anggapan tersebut tidak benar dan semoga dengan artikel tersebut kita sebagai orangtua lebih peka terhadap kondisi anak, sehingga sesuatu hal yang tidak diinginkan dapat terhindar.

Jika artikel ini bermanfaat tidak ada salahnya anda membagikan ke orang tua yang lain di sosial media di bawah terima kasih.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.