Gejala Paenyebab Dan Mencegah Usus Buntu

Informasi kesehatan - Usus buntu merupakan organ yang berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran sekitar 5 sampai dengan 10cm yang terhubung di Usus besar.

Belum ada yang tau mengapa kita mempunyai usus buntu dan pengangkatannya sendiri tidak mempengaruhi kesehatan.

Tetapi jika usus buntu mengalami peradangan dan pembengkakan, apendistis atau penyakit usus buntu bisa menimbulkan kompilasi serius.

Pada umumnya apendistis adalah penyakit yang sering di temukan pada seseorang yang berumur 10 sampai 20 tahun. Tetapi bisa saja penyakit ini menyerang siapa saja.

Waspadai jika anda mengalami sakit perut yang lama kelamaan makin parah. Hubungi ambulan untuk segera membawa anda ke dokter, jika sakit perut tiba-tiba bertambah parah da menyebar ke seluruh perut.

Gejala, penyebab dan mencegah usus buntu
http://ift.tt/2vBrQIn
usus buntu

Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala awal usus buntu biasanya sakit perut di bagian tengah. Sakit yang di rasakan datang dan pergi setelah beberapa jam kemudian, rasa sakit akan berpindah ke bagian perut kanan bawah yaitu tempat usus buntu berada, kemudian bertambah parah dan terus terasa sakitnya.

Sakit yang di rasakan akan bertambah parah jika terjadi penekanan pada bagian yang sakit atau saat batuk dan berjalan. Beberapa gejala yang lain yang dapat menyertai sakit perut yaitu:

· Perasaan sakit pada pusar
Gejala usus buntu dapat berawal dari rasa sakit yang timbul pada bagian bawah pusar atau perasaan kurang nyaman lainnya. Perasaan kurang nyaman ini pun perlahan berpindah pada bagian bawah perut.

· Demam
Bukan hanya perasaan kurang nyaman yang di rasakan pada bagian perut tetapi muncul gejala yang lain yaitu demam,jika keadaan semakin buruk demam akan semakin tinggi.
baca juga artikel meremehkan sakit gigi dapat memicu diabetes

· Diare
Diare merupakan ciri khusus usus buntu, dari banyak kasus usus buntu diare dan sakit perut merupakan salah satu cirinya.

· Merasakan mual dan muntah
mual dan muntah merupakan gejala yang sepertinya ringan. Tetapi jika mual dan muntah terjadi dalam waktu yang sangat lama seperti dalam satu hari mual belum berhenti juga maka sebaiknya segera periksa ke dokter.

Itulah beberapa gejala usus buntu,penyakit ini sering di kira sebagai penyakit lain seperti keracunan makanan,sindrom iritasi yang parah dan inveksi saluran kemih.

Pada wanita sering mengira penyakit ini berhubungan dengan kandungan, seperti kehamilan ektopik dan nyeri menstruasi.

Konsultasikan ke dokter jika mengalami sakit perut yang perlahan semakin parah. Jika sakit perut di rasa tiba-tiba bertambah parah dan menyebar ke seluruh perut, ini bisa jadi mengindikasikan kemungkinan pecahnya usus buntu yang bisa menyebabkan pritonitis (infeksi serius pada lapisan perut bagian dalam).

Penyebab Usus Buntu

Saat ini penyebab pasti penyakit usus buntu belum di ketahui secara pasti sehingga pencegahannya pun belum di ketahui. Tetapi ada beberapa penyebab yang di percaya sebagai penyebab usus buntu di antaranya:

· Terjadi Penyumbatan pintu masuk oleh tinja
· Terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening
· Bagian dinding usus buntu mengalami penipisan
· Krang minum air putih
· Kurang mengonsumsi makanan berserat
· Mengonsumsi berlebih makanan yang terdapat garam tinggi

Mencegah Usus Buntu

Sebelum kita mengidap penyakit usus buntu ada baiknya kita mencegah hal tersebut. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan diantaranya:

· Makanan berserat
Fungsi makanan berserat sendiri untuk membantu melancarkan pencernaan sehingga tidak terlambat.tetapi jangan mengkonsumsi makanan berserat secara berlebihan karena dapat mengakibat kan penyakit wasir dan usus buntu.

· Tidak menunda buang air besar
Menahan buang air besar dapat menyebabkan usus buntu mengalami pembengkakan. Jadi ada baiknya setelah kita merasa ingin buang air besar segeralah buang air besar dan jangan di tahan.

· Minum air putih
Air putih sendiri berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Oleh karena itu minumlah air putih yang cukup supaya pencernaan menjadi lancar.
baca juga artikel mitos dan fakta air minnum

Itulah beberapa informasi tentang gejala penyebab dan mencegah usus buntu, mohon maaf kalo ada kesalahan yang tidak di sengaja oleh kami sekian dan terima kasih.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.