4 Mitos Dan Fakta seputar Menstruasi

Menstruasi adalah siklus priodik bulanan yang dialami setiap wanita di dunia ini yang telah masuk pada masa pubertas, terjadinya menstruasi di sebabkan oleh hormon seksual pada wanita (estrogen progesteron) merupakan keluarnya darah di sertai lendir keputihan dari lubang area intim wanita  hal tersebut dikarenakan tidak terjadi pembuahan sel telur oleh sperma di dalam rahim.

Anda mungkin pernah mendengar pendapat atau pandangan dari beberapa sumber seputar hal-hal yang di larang atau diperbolehkan saat mengalami menstruasi, hal tersebut biasanya sering di sebut dengan mitos jika pendapat tersebut tidak didasari atas fakta medis atau klinisnya.

Mari kita bahas disini secara ringan mengenai beberapa pendapat atau pandangan yang seringkali anda temukan dalam pembicaraan mengenai menstruasi dan mari kita lihat penilaian berdasarkan fakta yang ada.

Fakta dan mitos menstruasi

http://ift.tt/2wyI0oF

· Minuman dingin dapat memperlambat menstruasi
Banyak dari anda mungkin percaya jika mengkonsumsi minuman dingin bisa memperlambat menstruasi. Faktanya hal tersebut hanyalah mitos belaka, karena minuman dingin tidak berpengaruh terhadap siklus menstruasi.

Menstruasi bisa terlambat dikarenakan pada saat hormon wanita tidak seimbang yang bisa dipengaruhi dari beberapa faktor fisik,contohnya jika kelelahan,stress dan juga bisa di sebabkan oleh penyakit.
baca juga artikel mitos dan fakta air minum
· Minuman soda dapat mempercepat menstruasi
Banyak orang percaya jika mengkonsumsi minuman bersoda saat menstruasi bisa mempercepat menstruasi.Tetapi sampai sekarang belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa minum soda bisa memperlancar menstruasi karena lancar tidaknya menstruasi dipengaruhi oleh hormon dan faktor psikis.

Minuman bersoda pada dasarnya hanya dapat membuat seseorang merasa segar. Namun, mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan mempengaruhi keseimbangan dalam tubuh.

· Di larang keramas saat menstruasi
Keramas hanya bertujuan untuk menjaga kebersihan rambut dan kepala anda. Bisa di bayangkan betapa kotor dan lepeknya rambut anda jika selama menstruasi tidak diperbolehkan keramas?

Sedangkan disaat menstruasi anda harus benar-benar menjaga kebersihan tubuh,termasuk rambut. Bahkan keramas saat menstruasi dapat membuat anda lebih percaya diri karena merasa bersih dan wangi.

· Berhubungan intim saat menstruasi tidak akan hamil
Berhubungan intim saat menstruasi memang mempunyai kemungkinan kecil untuk hamil, namun meski demikian sperma saat berhubungan intim tetap bisa masuk kedalam area intim wanita.

Sperma sendiri dapat bertahan 7 hari setelah masuk kedalam area intim wanita dan sel telur dapat bertahan selama 3 hari. Jika priode menstruasi anda tidak benar-benar teratur, maka bisa saja anda salah perhitungan, sehingga kehamilan tetap terjadi.

· Saat menstruasi selalu merasakan sakit perut menandakan ada penyakit kista
Nyeri yang anda rasakan saat menstruasi adalah normal terjadi yang di alami setiap wanita. Berarti nyeri saat menstruasi adanya kista hanyalah mitos belaka. Tetapi jika nyeri menstruasi terasa hebat bahkan membuat anda pingsan dan nyeri yang anda rasakan lebih dari 3 hari bahkan jika darah menstruasi terasa banyak dan terus-menerus setiap harinya,segeralah konsultasi ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Itulah beberapa mitos dan fakta seputar menstruasi. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi anda supaya tidak langsung percaya dengan mitos yang beredar. Intinya pola hidup yang sehat dan seimbang dapat menjaga keseimbangan hormon dan dapat menjaga siklus menstruasi anda.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.