7 Makanan Penyebab Jerawat yang Wajib Anda Waspadai

Informasi Kesehatan – Tahukah anda beberapa orang berpendapat setelah mengkonsumsi makanan tertentu mengalami permasalahan jerawat yang semakin menghawatirkan.

Ternyata hal ini juga didukung oleh suatu penelitian yang menyatakan ada sebuah kandungan yang terdapat pada makanan tersebut penyebab jerawat.

7 Makanan Penyebab Jerawat

Makanan penyebab jerawat 

Penyebab jerawat memang tidak hanya dipengaruhi oleh produksi minyak berlebih saja, karena makanan yang kita konsumsipun boleh jadi salah satu penyebab jerawat tersebut timbul. 

Oleh karena itu pola hidup sehat harusnya sudah menjadi pilihan yang patut anda lakukan dari sekarang. 

Lalu makanan apa sajakah yang mengakibatkan timbulnya jerawat ? pada dasarnya semua makanan yang kita konsumsi memang baik, selama tidak berlebihan dalam mengkonsumsi serta tidak mengganggu metabolisme didalam tubuh. Oke langsung saja kita simak 7 makanan penyebab jerawat:

1. Makanan manis – jangan abaikan makanan yang satu ini, karena ternyata makanan ini merupakan makanan yang paling utama penyebab timbulnya jerawat.

Tidak hanya dapat menyebabkan timbulnya jerawat, makanan yang mengandung gula tambahan ternyata hanya akan memperparah sekaligus mengakibatkan jerawat menjadi lebih parah atau infeksi. 

Tidak hanya saja itu saja konsumsi gula berlebih juga dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh penyebab diabetes. Nah oleh karena itu sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, diantaranya yaitu nasi putih, kentang dan roti.

2. Makanan olahan susu –susu merupakan salah satu minuman yang tinggi akan kandungan protein dan kalsium yang baik bagi tulang dan gigi. 

Tetapi hal ini ternyata dapat memicu tumbuhnya jerawat, karena walaupun susu mengandung kadar glikemik yang rendah tetapi ada banyak zat pada susu untuk mempengaruhi metabolisme didalam tubuh. 

Oleh karena itu konsumsi susu sewajarnya saja, karena mengkonsumsinya dalam jangka panjang dapat mengakibatkan masalah timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan susu dapat memproduksi kelenjar minyak berlebih yang akan menghasilkan sebum lebih banyak.

3. Kafein – perlu kalian tahu mengkonsumsi kafein terlalu sering ternyata dapat mengakibatkan tubuh rentan stres sekaligus mengakibatkan kulit mudah berjerawat. 

Mau tahu alasannya ? karena mengkonsumsi minuman tersebut dapat meningkatkan kadar adrenalin yang terjadi didalam tubuh sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lebih rentan stres. 

Selain itu juga minuman berkafein mengandung kadar gula lebih tinggi yang berkontribusi langsung terhadap meningkatnya insulin dalam darah penyebab tumbuhnya jerawat.

4. Makanan olahan –apa itu makanan olahan ? makanan olahan merupakan jenis makanan yang sudah melalui beberapa proses (memasak, membakar atau juga menggoreng) dan hal ini akan mengakibatkan kandungan enzim dan mineral dapat menurun sangat cepat sehingga mengakibatkan tumbuhnya jerawat.

5. Junk food – waspadailah jika anda akan mengkonsumsi makanan siap saji atau junk food, walaupun makanan ini memang menggugah selera tetapi sangat burut bagi perut karena perut akan kesulitan untuk mencernanya.

Sudah dipastikan makanan yang sulit untuk dicerna akan mengakibatkan munculnya lemak jahat. Lemak jahat inilah yang akan menghambat proses metabolisme didalam tubuh terganggu. 

Hasil dari metabolisme yang terganggu tentu saja sangat merugikan tubuh karena dapat menimbulkan jerawat, bau badan, bau mulut dan yang lebih berbahaya yaitu pengundang penyakit seperti diabetes.
Baca juga : jenis dan cara menghilangkan jerawat
6. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol – seperti yang kita ketahui alkohol merupakan salah satu zat yang akan sulit untuk dinetralkan oleh tubuh, sehingga darah yang mengandung banyak alkohol akan membuat kulit mudah dehidrasi. Kondisi seperti inilah yang lebih rentan ditumbuhi jerawat.

7. Makanan gorengan – bukan hanya penyebab tumbuhnya jerawat, perlu kalian ketahui juga semua jenis gorengan merupakan salah satu makanan yang buruk bagi tubuh yang harus dihindari. 

Makanan yang digoreng mengandung lemak jahat atau lemak trans yang akan membuat terjadinya penyempitan pembuluh darah pada jantung dan stroke. 

Nah, lemak yang dihasilkan dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan yang terjadi pada pori pori kulit penyebab jerawat.

Oke itulah informasi kesehatan sederhana mengenai makanan penyebab jerawat. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Baca juga artikel-artikel terbaru dari tips kecantikan lainnya, terima kasih dan sampai jumpa lagi.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.