Tips Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Informasi Kesehatan - Apakah kalian memiliki masalah dengan kulit berminyak? Tenang, kami memiliki tips perawatan wajah berminyak secara alami. Kulit berminyak memang dapat mempengaruhi penampilan karena kulit akan mudah sekali kering dan kusam, tentu saja hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri terlebih di depan pacar.

Selain itu juga, kondisi kulit seperti ini sangat rentan terhadap masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Memang banyak cara mahal untuk mengatasinya, tetapi hal ini bukanlah sulap, karena yang pastinya membutuhkan cukup dana untuk melakukan perawatan walaupun hasilnya sangat sebanding. 

Tips Perawatan Wajah Berminyak Secara Alami

Tapi cara alami seperti ini mungkin hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu saja. Eittt… jangan pesimis dulu karena kami punya cara ampuh untuk mengatasinya yaitu dengan cara alami yang dijamin aman, mudah, murah dan tentunya ampuh.

Cara alami seperti apakah, penasaran, ya? Simak langsung saja yuk:

1. Cuci muka secara teratur 

Selektiflah untuk memilih jenis sabun pembersih yang disesuaikan dengan jenis kulit anda. Gunakan pembersih tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari, terlebih jika anda sudah menggunakan make up.

2. Gunakan kertas minyak

Kertas untuk kulit berminyak dapat anda peroleh di apotek atau supermarket terdekat. Jika kulit wajah sudah mulai berminyak, gunakan kertas tersebut pada kulit dengan cara ditepuk-tepuk secara pelan pada kulit dan bukan di usap. Karena kalau di usap dapat mengakibatkan kulit menjadi iritasi sekaligus membuat hiasan make up menjadi berantakan.


3. Gunakan masker alami

Menggunakan masker alami memang berpengaruh baik bagi kesehatan kulit salah satunya bisa mengatasi minyak berlebih pada wajah. Gunakan masker dengan bahan alami secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal, seperti seledri, mentimun dan jeruk nipis.

  • Menggunakan masker seledri
Caranya yaitu : Pertama cuci bersih daun seledri, lalu potong kecil kecil. Setelah itu, masukan potongan daun seledri tersebut pada air yang di rebus dan biarkan sampai mendidih. Angkat dan biarkan daun tersebut terendam selama 20 menit. Tahap selanjutnya saring dan ambil air tersebut. kemudian setelah dingin gunakan air rebusan seledri pada kulit secara merata dengan menggunakan kapas. Biarkan sampai kering dan meresap selama 30 menit. Tahap terakhir bilas dengan menggunakan air sampai bersih, lakukan secara rutin setiap hari.
  • Menggunakan masker mentimun
Caranya yaitu : Pertama cuci mentimun yang masih segar, setelah itu blender sampai lembut. Kemudian gunakan pada kulit wajah secara merata dan biarkan sampai meresap dan mengering dengan sendirinya sekitar 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat, lalu lap dengan handuk bersih.
  • Menggunakan masker jeruk nipis
Caranya yaitu : Pertama siapkan jeruk nipis, lalu potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, peras jeruk nipis dan ambil airnya. Selanjutnya air perasan jeruk nipis tersebut campur dengan putih telur sambil diaduk sampai rata. Kemudian gunakan campuran masker tersebut pada kulit secara merata. Diamkan selama 30 menit sampai meresap dan mengering dengan sendirinya. Yang terakhir bersihkan dengan air hangat lalu disusul dengan air dingin.

4. Hindari Makanan tertentu

Makanan merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kulit berminyak. Seperti makanan junk food, makanan pedas, berminyak serta goreng-gorengan. Makanan tersebut tidak hanya dapat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh namun juga pada kesehatan kulit. konsumsi lebih banyak sayur sayuran, buah buahan segar, biji bijian, kacang-kacangan yang mengandung banyak vitamin serta mineral yang dapat menutrisi kulit dari dalam.


5. Menggunakan make up

Penggunaan seperti foundation serta bedak tabur dapat berfungsi sebagai pengontrol minyak pada kulit wajah. Hindari penggunaan tabir surya saat keluar rumah, karena hal ini hanya akan memperburuk kondisi wajah menjadi lebih berminyak
  • Krim malam – penggunaan krim malam akan membantu mengontrol kandungan air dan minyak pada kulit, karena saat malam hari merupakan waktu untuk kulit melakukan regenerasi.

Oke jika sudah mengetahui tips perawatan kulit wajah berminyak secara alami diatas. Maka tak perlu di tunda tunda lagi segera ambil tindakan agar kulit wajah tetap sehat, segar dan terawat.

Demikianlah artikel informasi kesehatan sederhana semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda mengenai tips kecantikan alami. Jangan lupa share juga ya artikel diatas agar lebih bermanfaat bagi teman dan juga orang banyak.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.