6 Perubahan Bentuk Payudara Berdasarkan Usia

Informasi Kesehatan - Payudara wanita setiap tahunnya akan berkembang. Perkembangan payudara wanita terlihat sejak wanita menginjak usia remaja sampai dewasa. Wanita pada usia belasan mempunyai ukuran payudara yang berbeda dengan wanita dengan usia dua puluhan atau tiga puluhan. Selain ukuran dan perkembangan payudara, tingkat elastisitas dan kekenyalan payudara pun berbeda-beda disetiap tahunnya. Hal ini tergantung oleh perawatan yang dilakukan oleh wanita pemilik payudara tersebut.

Apakah ada yang sudah tahu perubahan tiap fase perubahan payudara wanita? Jika belum, berikut kami akan membahas mengenai perubahan payudara sesuai dengan umur sang wanita.

Perubahan Payudara Wanita Berdasarkan Usia

perubahan bentuk payudara


1. Wanita Usia awal 20-an

Pada usia awal 20-an, seorang wanita terkadang mengalami rasa nyeri atau benjolan di salah satu maupun kedua payudaranya. Hal ini biasa terjadi ketika wanita berada pada fase menstruasi atau haid atau datang bulan. Terjadinya benjolan tersebut disebabkan hormon estrogen yang labil. Biasanya terjadi saat hormon estrogen sedang tinggi-tingginya. Hal ini masih wajar jika terdapat benjolan yang kecil dan terjadi ketika menstruasi saja. Peristiwa ini sering disebut dalam dunia medis dengan fibrokistik payudara.

2. Wanita Usia akhir 20-an

Pada usia akhir 20-an, seorang wanita cenderung sudah matang dan biasanya setelah umur 25 tahun mereka menginginkan untuk membangun rumah tangga dengan lelaki idaman yang dicintainya. Setelah pernikahan terjadi, secara otomatis sang wanita pun hamil (hal ini jika tidak ada gangguan pada hormon / keinginan ditunda kehamilannya) dan saat kehamilan itulah payudara wanita akan berkembang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan penampungan air susu di payudara sang calon ibu. Warna areola atau lingkaran luar puting akan semakin menghitam karena pengaruh hormon. Setelah masa menyusui selesai, payudara akan kembali kecil atau lebih besar dibandingkan saat hamil itu dipengaruhi oleh hormon dan faktor-faktor lain.

3. Wanita Usia 30-an

Setelah wanita memiliki anak dan mengasuhnya, secara otomatis kesibukan sang ibu lebih dari sebelumnya. Hal ini disebabkan tingkat keaktifan sang anak yang harus tetap dijaga oleh orang tua khususnya sang ibu. Hal tersebut mengakibatkan payudara mulai mengendur karena berat badan sang ibu naik dan turun secara hampir ekstrim. Hal ini bisa memicu timbulnya stretchmark yaitu kondisi dimana payudara mengendur atau turun. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini akan dialami semua wanita yang berada pada usia tersebut dan memiliki berat badan yang tidak stabil. Hal ini dapat ditanggulangi dengan menggunakan cairan atau krim alami untuk dapat menjaga kekencangan dan kekenyalan payudara agar tetap sehat terjaga payudaranya.

4. Wanita Usia 40-an

Pada usia ini baik laki-laki maupun perempuan mengalami penurunan produksi hormon. Hal ini terjadi pada wanita khususnya mengalami penurunan produksi hormon esterogen. Seluruh organ-organ akan mengalami penyusutan secara perlahan tidak terkecuali payudara. Kekenyalan payudara yang tadinya ditopang oleh otot-otot yang kuat, kini digantikan dengan lemak yang memiliki tekstur yang lembut ketika diraba.

5. Wanita Usia 50-an

Pada usia ini produksi kolagen menurun yang mengakibatkan tingkat elastisitas payudara berkurang dan bahkan bisa saja menghilang tergantung tingkat elastisitasnya. Pada usia ini wanita cenderung lebih pintar menjaga diri khususnya merawat payudara, karena pada usia ini mulai rentan untuk terserang penyakit khususnya dalam hal ini adalah payudara. Periksa segala perubahan yang terjadi payudara, apakah terdapat benjolan atau tidak.

Demikian informasi kesehatan mengenai 6 perubahan payudara berdasarkan usia setiap wanita. Perubahan yang terjadi pada setiap wanita dan pada setiap umurnya memiliki perubahan yang berbeda-beda. Asalkan perubahan tersebut masih dalam perubahan yang wajar, Anda tidak perlu ragu dan gusar. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk anda semua.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.