10 Faktor Penyebab Jerawat

Informasi Kesehatan - Apakah anda tahu,  apa faktor penyebab jerawat ? ayo yang belum tahu kita simak artikel berikut.?jerawat merupakan salah satu masalah yang terjadi pada kulit wajah,  jerawat. memang sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Jerawat diakibatkan karena terjadinya penyumbatan pada pori pori yang disebabkan karena debu, kotoran, minyak yang meradang serta mengalami infeksi.

10 Faktor Penyebab Jerawat

penyebab jerawat

Salah satu penyakit pada kulit ini memang dapat menyerang siapa saja baik pria ataupun wanita. jerawat yang satu ini memang bisa datang kapan saja dan dimana saja, tidak hanya  pada wajah tapi dibagian lainnya juga. Lalu apa sajakah penyebab tumbuhnya jerawat ? simak langsung saja penyebab jerawat :

1. Faktor Makanan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat mengakibatkan tumbuhnya jerawat seperti junk food, gorengan, kafein, berlemak dan makanan pedas. Nah mulai sekarang jauhi makanan makanan tersebut selain penyebab tumbuhnya jerawat, makanan tersebut juga tidak baik bagi kesehatan.

2. Faktor Kulit Yang Berminyak

Mempunyai kulit wajah yang berminyak biasanya sangat rentan terhadap debu kotoran atau polusi udara, sehingga kulit wajah mudah sekali kotor dan menyebabkan tumbuhnya jerawat karena terkontaminasi oleh bakteri.

3. Faktor Alat Kontrasepsida (kb) 

Beberapa orang yang menggunakan alat kontrasepti mengalami perubahan pada kulitnya. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pada hormon yang mengakibatkan kelenjar kulit juga terganggu, sehingga kulit mudah sekali timbul jerawat.

4. Faktor kosmetik

Anda harus lebih teliti dalam menggunakan kosmetik serta jangan terlalu sering mengganti produk kosmetik karena hal ini termasuk kedalam salah satu penyebab timbulnya jerawat.

5. Faktor Dehidrasi

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa mengakibatkan tubuh mengalami gangguan metabolisme, sehingga dapat berpengaruh pada kondisi kulit. konsumsi air putih setiap hari juga dapat berguna untuk mengurangi minyak didalam tubuh.

6. Faktor Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari secara langsung ternyata bisa merusak jaringan luar kulit wajah, sehingga kulit wajah sangat rentan terhadap bakteri maupun virus penyebab tumbuhnya jerawat.

7. Faktor genetik

Jika salah satu anggota keluarga mengalami masalah dengan jerawat, ada kemungkinan hal ini akan diturunkan pada generasi berikutnya termasuk anda.


8. Faktor Pubertas

Masa pubertas merupakan suatu perubahan pertumbuhan yang mengalami perubahan fisik serta hormon dari masa anak anak ke masa remaja dan dewasa. Biasanya jerawat akan muncul ketika terjadi pada masa haid.

9. Faktor Kurangnya Vitamin E

Kurangnya konsumsi vitamin E menyebabkan produksi kelenjar minyak yang tidak sehat dan hal ini membuat kulit tidak mampu untuk menangkal virus atau bakteri penyebab jerawat. Karena vitamin E tersebut berfungsi sebagai antioksida bagi kulit untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit agar terbebas dari pengaruh buruk serangan jerawat.


10. Faktor Kurang Tidur

Kurang tidur ternyata dapat menyebabkan produksi kelenjar minyak pada kulit mengalami hormon yang tidak stabil, sehingga hal ini membuat menurunnya daya tahan tubuh menurun dan membuat peluang bakteri penyebab jerawat berinteraksi. 

Demikianlah artikel informasi Kesehatan  sederhana mengenai 10 faktor utama penyebab jerawat. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. Kunjungi informasi kesehatan menarik lainnya seputar tips kecantikan alami yang mungkin dapat bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.