Jenis Jenis Kanker Darah Beserta Gejala Dan Penyebabnya

Informasi Kesehatan- Kanker darah atau leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam tulang. Kondisi penderita kanker darah, sum - sum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik, dan berlebihan.


Jumlah yang berlebihan akan mengakibatkan penumpukan dalam sum-sum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Sedangkan pada kondisi normal, sel-sel darah putih akan berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang muncul.

Waspada Kanker Darah

 kanker darah

Jenis-Jenis Kanker Darah

Kanker dapat di kelompokkan menjadi dua yaitu akut dan kronis,berdasarkan kecepatan perkembangannya. Berikut penjelasannya

· Kanker darah akut berkembang dengan sangat cepat yang di akibatkan dari penambahan jumlah sel darah putih yang abnormal yang pesat dan penyebarannya ke dalam aliran darah. Jenis kanker ini harus di tangani dengan segera.

· Kanker darah kronis berkembang secara perlahan dan dalam waktu yang panjang. gejalanya tidak segera di rasakan sehingga baru di ketahui setelah setelah bertahun-tahun.sel-sel darah putih yag seharusnya sudah mati akan tetap hidup dan menumpuk dalam aliran darah, sum-sum tulang, dan organ-organ lain yang terkait.

Kanker darah menurut jenis sel darah putih yang di serang, leukemia limfotik dan leukemia mielogen
· Leukemia limfotik merupakan kanker darah yang menyerang sel-sel limfa
· Leukemia mielogen merupakan kanker darah yang menyerang sel-sel myeloid
Baca juga artikel kami : waspada kanker pada anak
Ada empat jenis kanker darah yang paling sering terjadi, menurut dua pengelompokan di atas. Berikut ini kami akan menjelaskan masing-masing jenisnya.

1. Leukemia limfotik akut (acute lymphocytic leukemia)ALL
ALL berpotensi mengalami infeksi yang serius karena kanker ini dapat menghambat fungsi limfosit. Pada umum nya kanker ini sering terjadi pada anak-anak, tetapi kemungkinan dapat menyerang orang dewasa.

2. Leukemia myelogenous akut (acute myelogenous)AML
AML adalah jenis penyakit kanker darah yang paling sering terjadi. Leukimia ini dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. AML juga termasuk jenis kanker darah akut yang paling umum pada orang dewasa.

3. Leukemia limfositik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)
Kanker darah jenis ini hanya di alami oleh orang dewasa. CLL biasanya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena penderita tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang sangat lama.

4. Leukemia mielogen kronis atau chronic myelogenous (CML)
Seseorang dengan jenis kanker darah ini mungkin memiliki sedikit gejala atau pun tanpa gejala sama sekali selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum memasuki fase di mana sel-sel leukimia tumbuh lebih cepat
Kanker darah secara umum terjadi akibat produksi sel darah putih yang terlalu cepat sehingga banyak sel yang masih belum terbentuk secara sempurna dan akhirnya tubuh penderita tidak berfungsi maksimal.

Gejala-gejala kanker darah

Beragamnya gejala kanker,tiap penderita biasanya mengalami indikasi yang berbeda,tergantung kepada jenis kanker yang di derita
· Lemas atau merasa kelelahan yang berkelanjutan
· Badan mengigil
· Demam
· Sakit kepala
· Mual atau muntah-muntah
· Pada malam hari,Mengeliuarkan keringat berlebihan
· Merasa nyeri pada tulang atau sendi
· Berat badan menurun
· Terjadi pembengkakan pada linfa,hati
· Sering mengalami infeksi yang parah
· Sering mengalami mimisan
Jika salah satu keluarga anda mengalami gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter. Terutama jika gejalanya sering kambuh dan tidak kunjung membaik.

Penyebab Kanker Darah

Sampai sekarang belum di ketahui penyebab dasar kanker darah,tetapi ada beberapa faktor yang di duga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena kanker darah. Faktor tersebut adalah?
· Yang pertama adalah faktor keturunan, jika keluarga anda ada yang mengidap kanker darah, resiko anda untuk terkena kanker darah sangat besar.

· Kelainan genetik, misalnya sindrom down

· Radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu

· Bagi yang merokok tidak hanya akan meningkatkan resiko kanker darah tetapi berbagai penyakit yang berbahaya yang berujung kematian.

Diagnosis kanker darah
Jika anda memeriksakan ke dokter,dokter akan menanyakan gejala gejala yang anda alami sebelum memeriksa kondisi fisik anda.

jika dugaan pertama anda mengidap kanker contoh nya jika hati atau linfa mengalami pembengkakan,dokter akan menganjurkan anda untuk pemeriksaan lebih mendalam meliputi tes darah serta biopsy susum tulang.

Setelah pemeriksaan mendalam dokter mendiagnosis kanker darah positif,dokter akan memberikan langkah pengobatan yang tepat .karena jenis penanganannya akan berbeda hal tersebut berdasarkan beberapa factor, antara lain usia dan kondisi kesehatan anda,serta jenis dan stadium kanker darah yang anda derita.

Terima kasih atas kunjungan anda semoga artikel Informasi kesehatan tersebut bermanfaat bagi kita semua,tidak lupa juga mari kita doakan sahabat-sahabat kita yang mengidap kanker semoga di beri kesembuhan dan keluarganya di beri kesabaran.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.