8 Jenis Makanan Penyebab Keguguran Yang Wajib Dihindari

Informasi Kesehatan - Makanan penyebab keguguran memang sepatutnya harus dihindari oleh para ibu hamil, agar janin yang berada di dalam kandungannya tetap dalam kondisi sehat sampai lahir. Pada umumnya para ibu hamil memang dituntut banyak saat memilih menu makanan yang akan dikonsumsi, di mana tujuannya agar nutrisi untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan bisa terpenuhi.

Banyak sekali jenis-jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis makanan yang ternyata bisa mengakibatkan keguguran jika dikonsumsi sang ibu saat hamil. Mungkin jenis-jenis makanan tersebut dinilai aman-aman saja jika dikonsumsi oleh orang yang tidak hamil, bahkan diantaranya juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan pun tidak selalu menyehatkan untuk ibu hamil. Perbanyak konsumsi kurma, alpukat, manggis atau buah naga karena merupakan buah-buahan yang bagus untuk ibu hamil. Hindari buah nanas, pepaya muda maupun durian, selain tidak baik dikonsumsi saat hamil, juga dapat memicu keguguran.

Oleh karena itu, penting sekali bagi para ibu hamil untuk mengetahui berbagai makanan penyebab keguguran yang harus dihindari agar bisa terbebas dari risiko tersebut. Dan pada artikel ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai 8 jenis makanan yang dinilai berbahaya, hingga bisa menyebabkan keguguran. Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Berikut ulasan selengkapnya.

8 Jenis Makanan Penyebab Keguguran yang Harus Dihindari


Pada umumnya keguguran terjadi pada umur kehamilan muda atau masih dalam minggu-minggu awal kehamilan. Selama 12 minggu pertama kehamilan (trimester ke-1) adalah masa yang paling rentan terjadi keguguran pada ibu hamil. Ada banyak sekali penyebab keguguran yang mungkin terjadi dan sering dialami oleh ibu hamil. Beberapa faktor atau penyebab keguguran tersebut bisa terjadi dari luar tubuh bisa juga dari dalam tubuh sang ibu.

Survey menunjukkan bahwa peristiwa keguguran janin ini bisa terjadi pada satu dari lima kehamilan. Bahkan diantara 1 dari 100 pasangan, bisa terjadi seorang ibu yang keguguran sebanyak tiga kali berturut-turut. Nah, diantara banyak penyebab keguguran, salah satunya adalah faktor makanan. Dan berikut ini adalah 8 jenis makanan penyebab keguguran yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Nanas


Nanas termasuk makanan yang dapat memicu keguguran. Bagi Anda yang sedang hamil muda, disarankan agar Anda tidak terlalu sering atau tidak terlalu banyak mengkonsumsi nanas dan olahannya. Di dalam buah nanas terkandung enzim yang bernama Protease Bromealin, yang jika dilihat secara kimiawi senyawa tersebut sama dengan Papain yang terkandung dalam pepaya muda. Oleh karena itu, dimungkinkan juga nanas akan memberikan efek yang sama dengan pepaya muda, yaitu bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil muda. (baca: buah untuk ibu hamil muda)

Kepiting


Olahan kepiting mungkin merupakan salah satu jenis seafood yang rasanya sangat lezat dan banyak difavoritkan oleh masyarakat. Kepiting juga diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Akan tetapi di balik kenikmatan dan kandungan nutrisi kepiting, ternyata para ibu hamil harus menghindarinya karena kepiting juga bisa menjadi salah satu makanan penyebab keguguran jika dikonsumsi selama tiga bulan pertama usia kandungan. Kepiting bisa mengakibatkan ukuran rahim menyusut. Selain itu kepiting juga bisa mengakibatkan perdarahan genital hingga keguguran kandungan.


Buah Delima

Makanan penyebab keguguran kandungan berikutnya adalah buah delima. Namun demikian, bukan berarti Anda akan langsung keguguran saat pertama kali minum jus atau makan buah delima. Buah delima bisa menyebabkan keguguran saat dikonsumsi secara berlebihan, yang akan menyebabkan terjadinya kontraksi hingga kram pada rahim. Jika kram yang muncul sangat hebat maka harus diwaspadai, karena hal itu merupakan salah satu tanda-tanda keguguran. Dan perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya biji buah delima adalah yang paling berbahaya untuk ibu hamil.


Ikan


Sebenarnya ikan mengandung banyak protein dan juga vitamin yang tentu dibutuhkan oleh para ibu hamil. Akan tetapi saat Anda tengah menjalani masa tiga bulan pertama masa kehamilan, Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi jenis ikan kaleng. Jenis ikan kaleng diketahui mengandung banyak bahan pengawet dan berbagai bahan kimia lainnya yang bisa berdampak meningkatkan tekanan darah pada ibu hamil. Pengawet yang terkandung pada ikan kaleng juga bisa mengakibatkan retensi air. Selain itu Anda juga harus menghindari jenis makanan penyebab keguguran dari ikan yang hidup di air yang sudah tercemar.

Pepaya Muda


Buah yang sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil selanjutnya adalah jenis pepaya muda. Jenis pepaya muda diketahui sangat berbahaya bagi perkembangan embrio. Senyawa yang terkandung pada pepaya muda bisa saja mengakibatkan kontraksi kuat pada rahim sang ibu sehingga cukup berpotensi keguguran. Bahkan pada penelitian yang sudah dipraktekkan pada hewan tikus, sebagian besar tikus mengalami keguguran saat mengkonsumsi pepaya. Akan tetapi sampai saat ini juga masih dilakukan penelitian apakah semua jenis pepaya matang bisa menjadi makanan penyebab keguguran atau tidak.

Durian

Bagi anda penggemar durian, sebaiknya menghindari konsumsi buah ini selama masa kehamilan. Kandungan asam arachidonat dan alkohol dalam durian yang membuat buah ini tidak cocok dikonsumsi ibu hamil. Asam arachidonat akan memicu pembentukan prostaglandin yang merangsang kontraksi dan berakibat fatal bagi janin. Sedangkan alkohol menyebabkan kelahiran prematur dan juga bayi lahir dengan berat tubuh rendah. Dalam jumlah banyak alkohol dapat menyebabkan keguguran.


Daging dan Telur

Sebenarnya dua makanan ini tidak sepenuhnya dilarang karena menjadi makanan penyebab keguguran kandungan. Hanya aja para ibu hamil harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsi berbagai jenis daging dan telur yang dimasak setengah matang atau bahkan masih mentah. Konsumsi daging dan telur yang mentah atau masih setengah matang bisa saja menjadi pemicu keguguran kandungan. Bahkan dalam keadaan matang pun para ibu hamil juga disarankan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi daging dan telur.

Keju

Ternyata makan keju juga harus dihindari saat ibu hamil muda. Bukan karena kandungannya yang berbahaya, karena kita ketahui bersama bahwa keju juga menyimpan banyak manfaat. Pada masa kehamilan, para ibu hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi keju lembut yang dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu. Jenis keju tersebutlah yang diketahui bisa menjadi salah satu penyebab keguguran. Oleh karena itu, usahakan agar Anda benar-benar memilih keju yang berkualitas dan aman untuk kesehatan.

Berbagai Penyebab Keguguran selain Faktor Makanan

Selain disebabkan oleh makanan penyebab keguguran, ada berbagai penyebab lain yang perlu diwaspadai. Beberapa penyebab tersebut adalah kurangnya nutrisi selama kehamilan (terutama asam folat), terjadinya infeksi, dan juga gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan minum alkohol. Hal-hal tersebut merupakan penyebab janin tidak berkembang yang beresiko menjadi keguguran. Aktivitas fisik yang berlebihan juga harus dihindari, apalagi saat masih hamil muda. Tetap lakukan aktivitas-aktivitas fisik ringan supaya tubuh Anda tetap sehat.

Selama kehamilan penting untuk sering memeriksakan kehamilan Anda ke dokter, untuk mengetahui perkembangan janin dan juga mewaspadai dan mencegah berbagai gangguan kesehatan yang mungkin muncul selama kehamilan ini. Demikian artikel mengenai makanan penyebab keguguran ini, semoga dapat bermanfaat bagi Anda para ibu hamil agar lebih berhati-hati menjaga kehamilan.

Demikian informasi kesehatan tentang makanan penyebab keguguran yang wajib di hindari, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda semua, terimakasih.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.