Tips Perawatan Gigi Berlubang Dengan Baik Dan Benar

Tips perawatan gigi berlubang dengan baik dan benar - Pasti anda pernah mengalami yang namanya gigi berlubang ? gigi berlubang memang sangat mengganggu aktifitas yang berhubungan dengan mulut.

Betapa tidak karena gigi merupakan salah satu organ yang sangat penting terlebih mengingat peran atau fungsinya sebagai penghancur makanan. 

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut, karena gigi dan mulut merupakan pintu masuk bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Tips Perawatan Gigi Berlubang


Oke tidak perlu berlama-lama lagi simak tips cara perawatan gigi berlubang, simak langsung tips lengkapnya berikut ini :

1. Hindari beberapa makanan

Ada beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan atau memicu rasa nyeri pada gigi. Seperti makanan yang terlalu panas atau dingin, makanan manis atau makanan yang berbumbu terlalu pekat ( santan dll ). 

Jika anda merasakan ngilu atau nyeri yang bersifat kambuh yang terjadi disekitar mulut atau rahang. Hal yang patut anda lakukan yaitu memeriksakan gigi apakah gigi anda berlubang, jika demikian maka anda patut menghindari jenis makanan tersebut.

2. Rajin menggosok gigi secara rutin dan teratur

Menggosok gigi secara rutin teratur dan benar sangat disarankan sebagai perawatan gigi berlubang. Karena mungkin salah satu penyebab gigi berlubang yaitu jarang menggosok gigi, yang seharusnya anda lakukan setiap hari. 

Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencegah gigi berlubang sekaligus mencegah rasa nyeri atau sakit pada gigi yaitu dengan menggosok gigi secara rutin dan teratur.

3. Gunakan pasta gigi khusus

Sangat disarankan bagi anda yang memiliki gigi berlubang untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk menangani masalah tersebut, seperti pasta gigi yang lebih banyak mengandung kalsium dan xylitol yang berfungsi untuk memperbaiki email atau bagian gigi yang rusak dan berlubang. Jangan lupa sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari menggunakan pasta gigi yang berkalsium tinggi.

4. Berkumur dengan air garam

Jika gigi berlubang anda terasa nyeri, terlebih jika terjadi pembengkakan hal yang perlu di perhatikan untuk meringankan rasa sakit yaitu berkumurlah dengan menggunakan larutan air garam hangat.

Kenapa menggunakan garam ? karena garam memiliki kandungan anti bakteri yang mungkin dapat menyebabkan lubang pada gigi sekaligus rasa nyeri. 

Caranya yaitu, larutkan 1 sendok makan garam dengan 250 cc air hangat sambil diaduk terus sampai rata. Selain garam anda juga dapat menambahkan air perasan jeruk nipis. Cara tradisional ini memang sangat efektif untuk mengatasi rasa nyeri.

5. Konsumsi sumber kalsium

Salah satu cara untuk menghindarkan gigi berlubang yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung kalsium. Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, telur serta multivitamin berkalsium.

6. Konsultasikan pada dokter

Hal ini patut anda lakukan yaitu pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan gigi berlubang anda agar tidak bertambah parah.

Nah, sudahkah anda melakukan perawatan diatas?
Demikianlah tips perawatan gigi berlubang yang dapat saya bagikan bagi anda semuanya. 

Jangan lupa share juga ya keteman-teman yang lainnya, Terima kasih atas waktunya telah menyimak ulasan kecantikan gigi diatas dan sampai jumpa lagi.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.