DENYUT JANTUNG JANIN


DENYUT JANTUNG JANIN

Denyut jantung janinlebih cepat bahwa denyut jantung normal dewasa. Janin muda yang semakin cepat laju.  Di tengah dan akhir kehamilan detak jantung janin dapat didengar hampir di mana saja di atas rahim tergantung pada posisi janin. Pada trimester pertama kehamilan jantung janin dapat dideteksi dengan mesin ultrasound.  Suara asynchronous dan berbeda dari pulsa ibu yang dapat dideteksi dan mendengar di dekat arteri ( arteri rahim ), disebut souffle rahim. Denyut jantung janin normal berkisar 120-160 denyut per menit
2.2.1          Mendengar detak jantung janin :

Mendengarkan   jantung janin dengan doppler mengalahkan genggam.                                   







Tingkat normal umumnya dianggap antara 120 dan 160 denyut per menit.
  • Tingkat biasanya lebih tinggi (140-160) pada awal kehamilan, dan lebih rendah (120-140) menjelang akhir kehamilan.
  • Beberapa denyut jantung janin normal jatuh sampai 110 BPM.
  • Tidak ada korelasi antara detak jantung dan jenis kelamin janin.
Gunakan bahan penghubung (misalnya, USG jel, pelumas bedah, atau bahkan air) untuk membuat sambungan akustik yang baik antara transduser dan kulit.
Doppler detak jantung janin detektor yang cukup terarah, jadi kecuali kebetulan bertujuan langsung di jantung janin awalnya, akan perlu untuk memindahkan atau sudut untuk menemukan detak jantung.
Konfirmasi tingkat normal, dan mendengarkan untuk setiap kelainan dalam irama jantung janin berdetak.
Dengan menggunakan stetoskop DeLee (dilengkapi dengan kepala-mount), kadang-kadang dapat mendengar detak jantung dengan 16 minggu, tetapi kecuali berlatih dengan itu, tidak akan mendengar sampai 20 minggu, dan pada saat sang ibu biasanya dapat memberitahu bahwa dia merasakan bayi bergerak. Dengan menggunakan stetoskop konvensional, pernah mendengar detak jantung janin.
2.2.2          Cara-cara mendengarkan denyut jantung janin :
a. Jantung janin
Jantung embrio mulai memukul 22 hari setelah konsepsi, atau sekitar lima minggu setelah periode menstruasi terakhir, oleh konvensi disebut kelima kehamilan minggu . Jantung Pada tahap ini terlalu kecil untuk mendengar, bahkan dengan amplifikasi, tapi kadang-kadang dapat dilihat sebagai berkedip-kedip di dada jika USG ini dilakukan sebagai awal empat minggu setelah konsepsi.
 b. Instrumen Doppler
Setelah 9 atau 10 seminggu setelah masa menstruasi terakhir, mungkin bisa mendengar detak jantung bayi Anda pada pertemuan pra-lahir. dokter kandungan Anda mungkin menggunakan alat Doppler untuk tujuan ini, yang memantul dari gelombang suara tidak berbahaya jantung janin. Cara suara kembali dipengaruhi oleh gerakan, sehingga jantung berdetak menciptakan perubahan dalam suara yang dapat diambil oleh penerima di Doppler. Apakah Anda benar-benar mendengar detak jantung pada 10 minggu 9 atau sebagian bergantung pada keberuntungan-instrumen tersebut harus ditempatkan pada sudut kanan saja. Hal ini juga tergantung pada posisi rahim Anda, dan jika Anda kurus atau berat. Pada minggu ke-12, detak jantung biasanya dapat didengar secara konsisten, dengan menggunakan instrumen Doppler untuk amplifikasi.
c.Mengukur denyut jantung
Untuk mengukur tingkat jantung bayi, dokter akan menghitung detak jantung selama satu menit penuh, atau menghitung selama 15 detik, kemudian kalikan dengan empat. Beberapa instrumen menghilangkan kebutuhan ini dengan menyediakan pembacaan tingkat tersebut. Dan beberapa praktisi begitu terbiasa dengan kisaran normal bahwa mereka mendengarkan dengan cermat dan hanya menghitung jika kelihatannya tinggi atau rendah.
Tiap kali, Doppler mengambil suara dari sisi ibu, plasenta dan relay-nya, bukan detak jantung janin.  Sebuah denyut jantung normal untuk ibu adalah di bawah 100, tapi bayi harus lebih dari 120, sehingga suaranya yang berbeda. Jika ada pertanyaan, dokter akan merasakan denyut nadi ibu dan lihat apakah itu sama dengan apa yang didengarkan melalui instrumen Doppler.
d.Menafsirkan denyut jantung janin
Sebuah denyut jantung janin normal biasanya antara 120 dan 160 denyut per menit. Sementara rumor-rumornya, sebenarnya tidak ada perbedaan antara perempuan dan tingkat anak laki-laki, sehingga mengetahui jika detak jantung yang cepat atau lambat.  Kenyaringan atau heningnya detak jantung juga tidak berarti apa-apa. Suara harus dilakukan hanya dengan volume kontrol instrumen tersebut, juga jarak, dan sudut dari hati ke Doppler. Jadi jangan khawatir jika suara yang tenang atau jauh kadang-kadang.

            Dalam kehamilan kembar, akan sulit untuk membedakan kedua denyut jantung, terutama jika mereka serupa. Dokter akan mendengarkan di tempat yang berbeda pada rahim, dan mencoba mengidentifikasi dua tingkat yang berbeda. Jika ada pertanyaan nyata apakah kedua bayi terdengar, USG dapat digunakan untuk melihat kembaran hati masing-masing
e.Mendengarkan detak jantung tanpa amplifikasi
Dimulai pada sekitar 20 minggu, detak jantung dapat didengar tanpa amplifikasi Doppler. Sebuah stetoskop khusus yang disebut fetoscope dapat digunakan, atau bel (cekung) sisi stetoskop biasa dapat ditekan kuat di atas perut. Detak jantung yang terbaik terdengar di belakang bayi, yang sering tampak ketika ibu merasa sekeliling rahim. Jika ibu kelebihan berat badan atau jika plasenta pada dinding depan uterus, mungkin sulit untuk mendengar jantung janin dengan stetoskop. Kemudian semakin mudah dalam kehamilan.

f. Mendengarkan detak jantung di rumah
Beberapa perusahaan sekarang menjual seperti instrumen Doppler untuk mendengarkan detak jantung bayi di rumah. Meskipun hal ini mungkin terdengar menyenangkan, ingatlah bahwa ibu kadang-kadang dapat mengalami kesulitan menemukannya, yang ibu mungkin menemukan mengkhawatirkan. Atau ibu bisa mengambil hati ibu sendiri, yang lebih lambat dibandingkan dengan janin, dan tidak perlu khawatir tentang bagaimana bayi ibu lakukan.
Setelah 20 minggu, Anda mungkin dapat mendengar detak jantung dengan stetoskop, daripada menghabiskan uang di salah satu instrumen Doppler-seperti mahal untuk digunakan di rumah (mereka dapat biaya sebanyak $ 500 untuk yang baik satu). Dan sebagai kehamilan berlangsung, ibu akan memiliki gerakan harian bayi untuk memberikan jaminan konstan dan mungkin tidak lagi merasa perlu untuk mendengarkan detak jantung janin.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.